Membandingkan dua karya seni rupa dari seniman Indonesia.

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur visual dalam karya seni rupa.
  • Siswa mampu menganalisis perbedaan dan persamaan antara dua karya seni rupa.
  • Siswa mampu menginterpretasi makna dan pesan yang terkandung dalam karya seni rupa.
  • Siswa mampu menghargai dan menghormati karya seni rupa sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia.

Alat dan Bahan:

  • Reproduksi karya seni rupa dari dua seniman Indonesia yang berbeda (misalnya, lukisan karya Raden Saleh dan lukisan karya Affandi).
  • Lembar kerja atau bagan perbandingan.
  • Alat tulis.

Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Pengantar:
    • Guru memberikan sedikit informasi tentang seni rupa di Indonesia dan beberapa seniman terkenal.
    • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan.
  2. Pengamatan:
    • Siswa mengamati dengan cermat kedua karya seni rupa yang disajikan.
    • Siswa mencatat unsur-unsur visual yang mereka lihat (misalnya, warna, garis, bentuk, tekstur, komposisi).
  3. Analisis:
    • Siswa membandingkan kedua karya seni rupa berdasarkan unsur-unsur visual yang telah diidentifikasi.
    • Siswa mencari perbedaan dan persamaan antara kedua karya tersebut.
    • Siswa mencoba mengidentifikasi gaya seni rupa yang digunakan oleh masing-masing seniman.
  4. Interpretasi:
    • Siswa mencoba menginterpretasikan makna dan pesan yang terkandung dalam masing-masing karya seni rupa.
    • Siswa mencari tahu latar belakang atau konteks sosial budaya yang mempengaruhi penciptaan karya tersebut.
  5. Diskusi:
    • Siswa berdiskusi tentang hasil analisis dan interpretasi mereka.
    • Guru memfasilitasi diskusi dan memberikan umpan balik.
  6. Kesimpulan:
    • Siswa membuat kesimpulan tentang perbedaan dan persamaan antara dua karya seni rupa.
    • Siswa menyimpulkan makna dan pesan yang dapat diambil dari kedua karya tersebut.

Contoh Bagan Perbandingan:

Unsur VisualKarya 1 (misalnya, lukisan Raden Saleh)Karya 2 (misalnya, lukisan Affandi)
Warna
Garis
Bentuk
Tekstur
Komposisi
Gaya
Makna

Ekspor ke Spreadsheet

Penilaian:

  • Penilaian dapat dilakukan berdasarkan partisipasi siswa dalam diskusi, kelengkapan bagan perbandingan, dan kualitas interpretasi yang diberikan.

Catatan:

  • Guru dapat memilih dua karya seni rupa dari seniman Indonesia yang berbeda sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.
  • Guru dapat menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran dan bagan perbandingan sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these